Studi Kasus #2 : NOKIA

Studi Kasus #2 : NOKIA


NOKIA sebuah perusahaan telekomunikasi raksasa dari Finlandia mengalami kesulitan yang serius. Sebagai gambaran tentang sulitnya situasi yang sedang dihadapi perusahaan ini, kunjungi URL: http://www.manajementelekomunikasi.org/2012/08/antara-nokia-dan-research-in-motion.html

Pertanyaan :
  1. Temukan 10 fakta yang menyebabkan perusahaan besar seperti NOKIA dapat mengalami kesulitan besar seperti ini (5 faktor eksternal dan 5 faktor internal)
  2. Diskusikan strategi yang dijalankan dan temukan 3 penyebab yang paling dominan, menurut Anda, yang menjadi penyebab utama kesulitan ini.
  3. Berapa besar kontribusi NOKIA terhadap perekonomian Finlandia dan apa strategi NOKIA ke depan
  4. Apakah ada perusahaan lain yang akan menyusul. Sebutkan data, fakta, dan analisisnya.



Berikut beberapa ulasannya :

Kelompok 1 (management Nokia)
Nokia adalah perusahaan asal Finlandia yang selama 14 tahun bertengger sebagai penguasa penjualan telefon genggam di dunia. Pada era kejayaannya, Nokia banyak mengeluarkan model-model baru dalam waktu yang tidak terlalu jauh & langsung laris dipasaran. Namun kedigjayaan raksasa telekomunikasi ini sudah mulai pudar, tahta Nokia sebagai raja penjualan telefon genggam sudah direbut oleh perusahaan lain. Kerjasama Nokia dengan Microsoft untuk kembali merebut tahtanya yang hilang, belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Ada apa dengan Nokia?

Kelompok 2 (management Nokia)
Nokia merupakan merk handphone yang sangat diminati oleh masyarakat dunia sejak akhir tahun 90-an, termasuk di Indonesia. Setelah bercokol selama belasan tahun sebagai produsen handphone nomor 1 di dunia (low end market, mid end market, dan smartphone), pada Q1 2012 data menunjukan bahwa Nokia telah disalib oleh Samsung (Samsung telah menjual 88 Juta unit Handset dan Nokia hanya 85 Juta unit Handphone). Awal penurunan perfomansi Nokia dimulai ketika CEO yang baru Stephen Elop memulai program “the burning platform memo” pada awal 2011. Dimana memo tersebutlah yang ditenggarai membuat penurunan pasar Nokia, karena dengan memo tersebut menjadikan Nokia tetap terfokus dan yakin pada Symbian sebagai Operating System di handset Nokia, padahal competitor sedang berkembang dengan OS Android, Windows, iOS.

Kelompok 8 (user Nokia)
Saat ini industri telepon bergerak dengan cepat menjadi pusat untuk komunikasi pribadi. Ini ditandai oleh pertumbuhan yang sangat besar pada pasar telepon seluler dunia dan juga ditandai dengan perubahan teknologinya. Semuanya dapat terjadi karena dimungkinkan oleh deregulasi telekomunikasi dan kemajuan mendasar dalam teknologi nirkabel. Dan sebagai hasilnya terjadi peningkatan penetrasi telepon seluler di seluruh dunia serta pengembangan produk baru dan jasa untuk pasar berkembang. Salah satu perkembangan yang paling penting dalam industri telepon seluler adalah evolusi telepon seluler dari telepon seluler berpusat pada suara menjadi penambahan komunikasi data pribadi yang dapat mengakses konten dan layanan nirkabel, termasuk Internet.

Kelompok 6 (Finland Goverment)
NOKIA sebuah perusahaan telekomunikasi raksasa dari Finlandia mengalami kesulitan yang serius. Selama bertahun-tahun Nokia menjadi primadona gadget jutaan manusia di dunia. Dari waktu ke waktu Nokia aktif berinovasi yang ditandai dengan munculnya model-model terbaru yang berganti dalam jangka waktu yang tidak lama. Namun apa yang terjadi saat ini? Perusahaan ini mengalami kesulitan serius.  Pergerakan harga saham Nokia berbanding terbalik dengan pasar. Nokia mulai menutup beberapa perusahaannya di beberapa negara dan bahkan terpaksa menutup perusahaan pembuat handsetnya yang ada di negaranya sendiri yaitu Finlandia. Perusahaan yang telah merajai pasaran hingga lebih satu dekade ini pun tidak lagi bias menyandang predikat “Made in Finland”. Oleh karena itu, dalam laporan ini akan dibahas faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya  situasi seperti ini, strategi apa yang sedang dijalankan Nokia saat ini, seberapa besar kontribusinya dalam perekonomian Finlandia dan strategi baru apa yang perlu dirumuskan agar tetap dapat bertahan, dan mengidentifikasi dan menganalisis apakah ada perusahaan lain yang mengalami kondisi serupa dengan Nokia.

Kelompok 5 (Investor)
Perkembangan politik dan perekonomian Finlandia memaksa nokia menjadi perusahaan multinasional. Oleh karena itu Kari Kairamo, CEO Nokia periode 1980-an, melakukan kebijakan strategis seperti melakukan akuisisi banyak perusahaan di eropa dan mengembangkan unit usaha ke bidang consumer electronics. Namun seiring keberjalanannya, nokia ambruk. Kebijakan strategis yang dilakukan tidak sebanding dengan upaya internal perusahaan. Kisah berakhir tragis dengan bangkrutnya nokia dan bunuh diri yang dilakukan CEO Nokia Kari Kairamo.

Kelompok 4 (User Nokia)
Kejayaan Nokia dulu begitu terasa saat produknya mendominasi etalase sejumlah pertokoan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Namun kini popularitas Nokia semakin tergerus dan mulai dikudeta vendor Smartphone seperti Samsung dan Apple.
Nokia pun disarankan terus membuat produk yang populer agar bisa bertahan. Jika tidak, Nokia pun akan kehilangan pasarnya baik negara berkembang maupun di dunia.

Kelompok 7 (Investor)
NOKIA yang merupakan merek telepon genggam asal Finlandia ini sangat booming di awal tahun 2000-an. Bahkan gadget yang bergerak dengan teknologi GSM dan CDMA ini sempat dijuluki “handphone sejuta umat”. Hal ini dapat dilihat dari Gambar 1 yang mencerminkan peningkatan revenue NOKIA yang dari tahun 1995 hingga tahun 2007. Namun di tahun 2008, NOKIA mengalami penurunan revenue secara kesinambungan.

Kelompok 3 (Findland Goverment)
Nokia pernah merajai market mobile phone pada era GSM dan CDMA beberapa tahun lalu, namun beberapa tahun terakhir saham Nokia terus jatuh seiring gagalnya beberapa produk Nokia terbaru melawan competitornya Apple, RIM, dan Samsung.


==============

17 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Semakin cepat laporan awal dikirimkan maka semakin besar kemungkinan ia memperoleh informasi tambahan dari luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunci untuk menyelesaikan kasus ini adalah menjawab pertanyaan nomor 2. Tetapi jawabannya tidak bisa subjektif.

      Ada yang tahu, metode yang bisa digunakan untuk menentukan 3 faktor utama dari 10 faktor yang ditemukan di pertanyaan nomor 1 ?

      Delete
    2. Yth Pak Fajar,

      Yang kelompok kami lakukan adalah sebagai berikut :

      1. membandingkan setiap faktor internal dengan semua faktor internal untuk mencari 3 faktor internal paling berpengaruh.

      2. membandingkan setiap faktor eksternal dengan semua faktor eksternal untuk mencari 3 faktor eksternal paling berpengaruh.

      3. membandingkan 3 faktor internal paling berpengaruh dengan 3 faktor eksternal paling berpengaruh untuk menentukan 3 FAKTOR DOMINAN ...

      Delete
    3. Hal yang dikerjakan oleh Kelompok 5 secara keseluruhan sudah baik dan dapat menjadi acuan untuk tugas-tugas berikutnya.

      Congrat...

      Delete
  3. Ini ada tips untuk mempersingkat tulisan untuk di upload (300 - 500 kata bisa tercapai):

    Penjelasan tentang teori tidak perlu ditulis; cukup sebutkan nama teorinya lalu beri link dimana penjelasan teori tersebut dapat ditemukan,

    Misalnya: Dasar Teori: Teori I/O (dimana teori I/O merupakan sebuah link).

    Ada yang bisa memberi tambahan tips?

    ReplyDelete
  4. Agar value yang didapatkan dari kasus Nokia ini bisa optimal, mari kita bermain peran sebagai manajemen Nokia, investor Nokia, pembeli/pemakain Nokia, dan pemerintah Finlandia (dimana Nokia memberi kontribusi hingga 20% pada perekonomian negaranya).

    Ayo kita bagi kelompoknya berdasarkan peran yang ingin dimainkan.

    Di awal mari kita identifikasi dan diskusikan 'interest' masing-masing pihak terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Interest Pemerintah Finlandia:

      Delete
    2. Interest Pembeli / pemakai Nokia:

      Delete
    3. Richard Tohap (Kel. 2)October 1, 2012 at 11:05 AM

      Interest Pembeli/Nokia :
      1. Peminat Nokia pada umumnya tertarik dengan handphone yang simple. Simple dalam hal penggunaan dan fiture. Nokia menjadi idola karena tampilan pesaingnya yang rumit, yang waktu itu Siemens dan Ericsson. Dengan Nokia penggunaanya menjadi lebih mudah, simple dan menarik, ditambah kemampuan yang SMART, namun hal ini sudah dimiliki oleh pesaingnya yaitu Samsung.
      2. Kehandalan HP, saat ini untuk kecepatan tampilan atau processing di HP pelanggan lebih merasakan bahwa dengan OS Android lebih cepat menampilkan sesuatu dibanding HP dengan OS lain seperti OS Windows Mobil dari Nokia. Pelanggan berharap Nokia bisa meningkatkan kemampuan OS nya
      3. Harga. Nokia masih masuk dalam handphone yang mahal, sementara dengan banyaknya handphone Android yang lebih murah akan menarik perhatian user dari Nokia ke produk lain. Pelanggan masih berharap Nokia punya mengeluarkan produk yang lebih murah.

      Delete
    4. Kelompok 5 sepakat dengan kelompok 2 :D ... cheers

      Delete
  5. Selamat siang pak Fajar,
    Saya mewakili kelompok 6 yang mengambil kasus Nokia dalam frame Finland Government.

    Nokia sebagai sebuah perusahaan besar dalam suatu negara pastilah memberikan dampak yang besar bukan hanya dilihat dalam GDP saja. Masalah tenaga kerja dan perkembangan teknologi (R&D) juga terpengaruh karena kasus Nokia.


    Untuk melihat perkembangan ekonomi makro suatu negara bisa memakai data dari OECD. Dari data OECD, pada tahun 2009 sejak kemunduran Nokia, Finland mulai mengalami penurunan GDP dan eksport. Akan tetapi pemerintah Finland mulai mengubah competitiveness nya dari manufakturing telekomunikasi ke bidang lainnya untuk menyelamatkan kepentingan negara.

    Kalau boleh saya bertanya, apakah ada data statistik selain OECD untuk melihat perkembangan suatu negara secara valid?

    Terimakasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa, diantaranya data dari Bank Dunia

      Delete
    2. Yth kelompok 6,


      Untuk lebih memperjelas, terlampir linknya :

      http://www.google.com/publicdata/explore?ds=d5bncppjof8f9_&hl=in&dl=in#!ctype=l&strail=false&bcs=d&nselm=h&met_y=tx_val_ictg_zs_un&scale_y=lin&ind_y=false&rdim=region&idim=country:FIN&ifdim=region&hl=in&dl=in&ind=false

      anda bisa melihat berbagai indikator untuk suatu negara di sana

      Delete
  6. dear teman,
    berikut sumber tambahan info untuk salah satu faktor eksternal kegagalan nokia.
    http://gopego.com/2012/05/investor-tuntut-nokia-karena-kegagalan-windows-phone

    ReplyDelete

Membuat Link Pada Komentar Anda
Agar pembaca bisa langsung klik link address, ketik:
<a href="link address">keyword </a>
Contoh:
Info terkini klik <a href="www.manajementelekomunikasi.org"> disini. </a>
Hasilnya:
Info terkini klik disini.

Menambahkan Gambar Pada Komentar
Anda bisa menambahkan gambar pada komentar, dengan menggunakan NCode berikut:

[ i m ] URL gambar [ / i m ]

Gambar disarankan memiliki lebar tidak lebih dari 500 pixels, agar tidak melebihi kolom komentar.

---

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger