Jumat, 20 September 2013

03. Time - Money RELATIONSHIPS

Seri Ekonomi Teknik (Engineering Economy )

oleh: Kelompok 4
Azarya N. J. Siahaan, Chairy Wahyu Winanti, Marthin Rajagukguk, 
Nino Teguh Pamuji, Nuruhli Shaliha

Aset (Modal) adalah suatu kekayaan dalam bentuk uang atau properti yang dapat digunakan untuk menghasilkan dan mendapatkan kekayaan/keuntungan berikutnya.

Mengapa Perlu Mempertimbangkan Pengembalian Aset? 

Bagi manusia, aset dalam bentuk uang, mesin, material, energi, dan bentuk lainnya sangat dibutuhkan dalam kegiatan operasional suatu organisasi. Aset dapat diklasifikasikan ke dalam 2 bentuk kategori dasar:

1.Equity capital
Modal yang dimiliki oleh individu (perorangan) yang menginvestasikan uang dan properti yang mereka miliki dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Debt capital
Sering juga disebut sebagai modal pinjaman adalah modal yang didapatkan atau dipinjamkan dari si pemilik modal untuk digunakan sebagai investasi dengan harapan si pemilik modal akan mendapatkan keuntungan dari si peminjam.

Alasan dasar mengapa pengembalian aset dalam bentuk bunga dan keuntungan merupakan bahan utama dalam studi engineering economy adalah sebagai berikut:

Pertama : 
modal dan profit (keuntungan) membuat para penyedia modal mengetahui kapan harus menggunakan modal yang dimilikinya. Pada faktanya adalah si penyedia modal/barang dan jasa menyadari kembalinya modal mereka sebagai bagian dari insentif (bonus) yang didapatkan dari menghemat dan menunda keperluan ataupun pengeluaran yang tidak terlalu penting dengan cara mengubahnya menjadi aset yang dapat digunakan ataupun dimanfaatkan untuk masa depan.
Kedua : 
modal dan profit (keuntungan) berfungsi sebagai jaminan dari risiko yang dihadapi oleh si pemilik modal (investor) dari pihak atau pun organisasi yang menggunakan/meminjam modal dari si pemilik modal tersebut.
Jadi, kesimpulannya adalah kapanpun modal itu dibutuhkan dalam proyek teknik dan bisnis serta usaha lainnya, sangat berkaitan erat dengan waktu dimana modal tersebut sedang/akan digunakan.

Jadi bab ini menjelaskan tentang seberapa pentingnya hubungan antar uang dan waktu, dimana mengajarkan para manajer dan teknisi serta para pengambil keputusan dalam mengerjakan dan menyelesaikan berbagai macam proyek pekerjaan guna mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal serta menjamin keberlangsungan pengerjaan proyek tersebut.

Soal konsep:

  1. Jelaskan definisi sederhana dari Nilai uang terhadap waktu ini (TVM) dan hubungannya dengan nilai saat ini (present value) dan nilai di masa depan (future value) ? 
  2. Mengapa para engineer perlu memahami tentang hubungan nilai uang dan waktu ini ? 
  3. Bagaimana Pengaruh prinsip nilai uang terhadap waktu ini (TVM) terhadap pekerjaan seorang engineer
  4. Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam hubungan nilai uang terhadap waktu ini ? 

Soal hitungan:

Beberapa vessel pembakaran fluizided-bed mempunyai biaya investasi sebesar 100,000 USD, waktu kerja 10 tahun, dan nilai pasar (saat penjualan kembali) diabaikan. Biaya tahunan dari material, pemeliharaan, dan daya listrik untuk vessel tersebut diperkirakan mencapai total 10,000USD. Sebuah pelapisan ulang major terhadap vessel pembakaran akan dilakukan pada tahun kelima dengan biaya sebesar 30,000 USD. Jika suku buka adalah 15% per tahun, berapakah biaya ekivalen lump sum proyek ini pada saat ini (present time)?

Sumber: 
Engineering Economy, 13th edition, William G. Sullivan et.al., Pearson International Edition, 2006

Artikel Terkait

94 komentar:

  1. 1. Jelaskan definisi sederhana dari Nilai uang terhadap waktu ini (TVM) dan hubungannya dengan nilai saat ini (present value) dan nilai di masa depan (future value ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Time Value of Money (TVM) merupakan konsep yang didasarkan bahwa nilai uang yang dimiliki saat ini adalah lebih berharga daripada nilai uang yang akan diterima di masa depan.

      Uang yang di pegang saat ini bernilai lebih karena dapat berinvestasi dan mendapatkan bunga.

      Hubunganya dengan Nilai saat ini (present value) dan Nilai masa depan (future value):

      Present Value (PV) adalah berapa nilai uang saat ini untuk nilai tertentu di masa yang akan datang.

      Future Value (FV) adalah nilai uang yang akan diterima dimasa yang akan datang dari sejumlah modal yang ditanamkan sekarang dengan tingkat discount rate (bunga) tertentu.

      Jadi dengan adanya Konsep TVM maka nilai uang penerimaan pembayaran di masa depan dapat dikonversi ke nilai setara hari ini. Atau sebaliknya, dapat juga digunakan untuk menentukan nilai uang saat ini yang akan tumbuh dimasa depan.

      Hapus
    2. Nilai uang terhadap waktu :
      Menurut saya bahwa nilai uang saat ini lebih berharga daripada nanti.
      Sejumlah uang yang akan diterima dari hasil investasi pada akhir tahun, kalau kita memperhatikan nilai waktu uang, maka nilainya akan lebih rendah pada akhir tahun depan.
      Jika kita tidak memperhatikan nilai waktu dari uang, maka uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan adalah sama nilainya yang kita miliki sekarang.

      Hapus
    3. Definisi sederhananya : Perbedaan nilai uang yang disebabkan oleh perbedaan waktu. Keterkaitannya dengan present/future value : dapat dijabarkan bahwa nilai suatu uang saat ini (present value) lebih berharga daripada di masa datang (tapi juga memungkinkan terjadi sebaliknya)..future value sendiri bisa dihitung/diprediksikan dengan memasukan parameter present value,interst dsb..

      Hapus
    4. Istilah umum selalu mengatakan "waktu adalah uang", hal ini sangat menarik bagi para usahawan/siapa pun yang sangat memperhatikan waktu demi keuntungan yang besar, juga banyak yang berkeinginan untuk menjadikan "biarlah uang bekerja untuk kita" . Jika mengacu pada artikel ini, kedua istilah ini sudah bisa terjawab dimana nilai dari uang pun sebenarnya bisa kita perhitungkan seiring dengan berjalannya waktu. istilah sederhananya: nilai uang saat ini dan nilai uang akan datang, bisa kita hitung dan bisa kita prediksikan saat ini.

      Hapus
    5. Time Value of Money (TVM) dapat didefinisikan nilai suatu uang jika diberikan bunga atau terkena inflasi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini menyebabkan nilai uang sekarang (pv) akan berbeda dengan nilai uang yang akan datang (fv), bisa lebih bernilai atau kurang bernilai.
      Dengan mengetahui besar suku bunga dan/inflasi, nilai uang pada suatu waktu dapat dihitung. Misal nilai uang pada saat sekarang adalah pv, maka dengan mengetahui tingkat suku bunga yang dikenakan pada uang tersebut serta adanya prediksi tingkat inflasi, nilai uang di masa depan (fv) dapat dihitung dan begitu juga sebaliknya. Untuk mendapatkan nilai uang sebesar fv, dengan suku bunga dan tingkat inflasi tertentu, kita dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang perlu disiapkan sekarang (pv).

      Hapus
    6. Nilai uang terhadap waktu (TMV) dapat didefinisikan sebagai nilai uang pada suatu waktu karena diberikan bunga atau terkena inflasi pada jangka waktu tertentu, sehingga nilai uang yang sekarang (pv) berbeda dengan nilai uang di masa depan (fv).
      Dengan mengetahui tingkat suku bunga dan/atau tingkat inflasi pada jangka waktu tertentu, dapat dihitung berapa nilai uang yang dibutuhkan sekarang ataupun jumlah uang yang dihasilkan di masa depan. Misal, dengan uang sejumlah pv, maka dapat dihitung jumlah uang di masa depan sebesar fv jika tingkat suku bunga diketahui. Begitu juga sebaliknya, untuk mendapatkan uang sebesar fv, maka dengan tingkat suku bunga tertentu dapat dihitung jumlah uang yang perlu disiapkan pada saat sekarang (pv).

      Hapus
    7. Dari penjelasan teman-teman di atas, garis besar yang bisa saya tangkap adalah adanya perbedaan nilai uang antara saat ini dengan masa depan, atau masa kini dengan masa lampau. Jika terjadi inflasi, maka nilai uang saat ini lebih berharga dibanding masa depan untuk jumlah nominal yang sama. Sedangkan jika yang terjadi adalah deflasi, maka nilai uang saat ini lebih berharga dibanding masa lampau untuk jumlah nominal yang sama. cmiiw

      Hapus
    8. secara sederhana nilai uang terhadap waktu dapat didefinisikan bahwa nilai uang saat ini lebih berharga dari pada nilai uang di masa mendatang. Hubungan antara present value dan future value adalah present value dapat digunakan untuk memprediksi future value sesuai dengan trend inflasi tahunan

      Hapus
    9. Singkatnya adalah bahwa hubungan antara keduanya ada pada kondisi dimana nilai uang penerimaan di masa depan dapat relevan jika dikonversi terhadap nilai yang setara hari ini, dan sebaliknya.

      Hapus
    10. Uang kalau dikaitkan dengan waktu akan lebih bernilai dilihat dari waktu sekarang dan yang akan datang, variabel itu dapat dihitung dalam diagram cash flow dengan memperhatikan interest yang akan dikenakan baik simple interest maupun compound interest serta menggunakan konsep equivalence.

      Hapus
    11. Mungkin maksudnya adalah bahwa nilai uang saat yang akan datang lebih rendah akibat adanya inflasi dan untuk menjaga nilainya perlu ada insentif.

      Hapus
    12. konsep Time Value Of Money dalam pengelolaan keuangan sehingga hal in dapat digunakan untuk membandingkan alternatif investasi dan untuk memecahkan masalah yang melibatkan pinjaman, sewa, tabungan dan anuitas. Time Value Of Money didasarkan konsep bahwa nilai uang yang dimilki saat ini adalah lebih besar/berharga daripada nilai uang yang akan diterima satu dolar dimasa depan uang yang dipegang saat ini bernilai lebih karena dapat berinvestasi dan bisa mendapatkan bunga.

      Hapus
    13. Time value of money adalah nilai uang yang dipengaruhi oleh waktu. dimana nilai uang saat ini lebih berharga dibanding nilai uang di masa depan dengan nominal yang sama. hal ini terjadi karena pengaruh trend inflasi ataupun deflasi.

      Hapus
    14. Nilai waktu terhadap uang adalah nilai uang dari beberapa waktu yang berbeda, yakni antara nilai uang dimasa depan atau nilai uang saat ini. Konsep nilai waktu uang di perlukan oleh manajer proyek dalam mengambil keputusan ketika akan melakukan investasi pada suatu aktiva dan pengambilan keputusan ketika akan menentukan sumber dana pinjaman yang akan di pilih. Suatu jumlah uang tertentu yang di terima waktu yang akan datang jika di nilai sekarang maka jumlah uang tersebut harus di diskon dengan tingkat bunga tertentu (discountfactor). Tentunya hal ini akan sangat membantu kita dalam perencanaan-perencanaan dimasa mendatang. Banyak hal yang dapat kita perhitungkan menggunakan rumus-rumus dari perhitungan present value, future value, present anuity dan future anuity. Dalam sebuah proyek jangka panjang, parameter ini sangat penting untuk kita pertimbangkan apalagi jika dana proyek yang kita gunakan menggunakan dana pinjaman dari bank.

      Hapus
    15. Merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Konsep ini memeberikan manfaat dan kekurangan, manfaatnya adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak dan kekurangannya yaitu akan mengakibatkan masyarakat hanya menyimpan uangnya apbila tingkat bunga bank tinggi, karena mereka menganggap jika bunga bank tinggi maka uang yang akan mereka terima dimasa yang akan datang juga tinggi.

      Hapus
  2. 2. Mengapa para engineer perlu memahami tentang hubungan nilai uang dan waktu ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena para engineer akan terlibat dalam perencanaan anggaran maupun pengambilan keputusan suatu proyek. Biaya penanganan yang diperhitungkan saat ini adalah biaya project yang digunakan pada masa mendatang.

      Misalnya biaya project yang saat ini sejumlah 5 Milyar rupiah, ketika akan digunakan pada masa sepuluh tahun yang akan datang, nilai uang 5 milyar tersebut seharusnya lebih dari 5 Milyar rupiah, karena dipengaruhi oleh variabel–variabel makroekonomi seperti inflasi, pendapatan perkapita, inflasi, dan indikator lainnya.

      Untuk itu, para engineer perlu memahami konsep Nilai uang terhadap waktu ini.

      Hapus
    2. Biasanya engineer mengerjakan suatu projek dengan deadline (yg identik dgn waktu)..engineer harus mengetahui hub tersebut agar mengerjakan suatu project sesuai timeline yang sudah dibuat jika tidak, maka sama saja ada cost/uang yang dikeluarkan lagi

      Hapus
    3. Biasanya engineer mengerjakan suatu projek dengan deadline (yg identik dgn waktu)..engineer harus mengetahui hub tersebut agar mengerjakan suatu project sesuai timeline yang sudah dibuat jika tidak, maka sama saja ada cost/uang yang dikeluarkan lagi

      Hapus
    4. Engineer akan memahami bahwa waktu penyelesaian suatu proyek akan berdampak pada nilai ekonomis. Makin lama suatu proyek berjalan maka biaya yang diperhitungkan juga akan makin besar.

      Hapus
    5. Para engineer bisa dikatakan sebagai ujung tombak/pelaksana sebuah project/aktifitas. Oleh karena itu engineer harus memahami nilai uang terhadap waktu, sehingga engineer akan mengetahui seberapa besar cost yang sudah dipergunakan seiring dengan berjalannya waktu. Engineer harus mengetahui kenapa para pemodal lebih memilih membiayai project/engineer dibandingkan dengan menabung/menyimpan uang.

      Hapus
    6. Menurut saya, agar engineer mengetahui weighting dari suatu project sehingga dapat mengetahui prioritas pengerjaan yang lebih penting dan lebih membutuhkan biaya saat ini dibanding pengerjaan yang dapat dilakukan di jadwal berikutnya

      Hapus
    7. Saya setuju dengan pendapat dari mba Mia, karena jika engineering tidak memperhatikan hubungan nilai uang dan waktu ini maka biaya suatu proyek akan terancam membengkak jika future value jauh lebih besar dari pada biaya yang di perhitungkan di awal project.

      Hapus
    8. Kita sebagai engineer perlu memahami konsep TVM ini utk dapat memberikan masukan kepada para pemberi pemodal apakah mereka memilih utk equity atau debt capital, dgn memberikan perhitungan secara ekonomis dari investasi yang kita, para engineer, usulkan. Dengan demikian, para pemodal mendapatkan gambaran secara detail mengenai seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan dan dalam jangka waktu yang ditetapkan.

      Hapus
    9. Engineer perlu mengetahui konsep TVM ini karena pelaksanaan suatu kegiatan proyek, perusahaan, investasi baru maupun kegiatan operasional memerlukan perhitungan yang matang tentang pengaruh waktu terhadap uang, sehingga dapat menggunakan beberapa alternative pilihan dalam metode yang akan digunakan.

      Hapus
    10. Berdasarkan komen para Suhu-Suhu sekalian dapat disimpulkan bahwa fardu a’in hukumnya bagi engineer untuk memahami konsep hubungan nilai uang dan waktu diantaranya (coba saya rangkum…maaf kalau ada yg kelewat…) untuk memperhitungkan biaya biaya project yang digunakan pada masa mendatang, untuk mencegah agar tidak terjadi pembengkakan anggaran/budget, sebagai time control agar proyek diselesaikan tepat waktu, untuk menentukan skala prioritas pelaksanaan pekerjaan dilihat dari cashflow proyek, dan yang terahir adalah untuk menentukan apakah lebih baik meminjam atau hanya menggunakan sumber daya yang ada.
      Kalau boleh saya ringkas atau tambahin lagi… konsep hubungan nilai uang dan waktu dapat membantu engineer dalam membuat alternatif pengambilan keputusan khususnya yang melibatkan pengerahan atau pengalokasian resource/ sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan nilai keuntungan di masa yang akan datang dengan memperhitungkan waktu pelaksanaan, pengeluaran uang, pemasukan uang dan suku bunga dengan harapan keputusan menunjukkan pilihan bagaimana sejumlah uang diinvestasikan dengan cara yang terbaik. Trims…; )

      Hapus
    11. Mungkin maksudnya agar dapat memberi nilai tambah dengan pilihan teknologi yang tepat. Solusi yang dilaksanakan akan melibatkan nilai investasi tertentu jika murni hanya berdasarkan pertimbangan teknologi bisa jadi justru dapat merugikan atau kalah dalam persaingan (damaging value)

      Hapus
    12. Setiap proyek memiliki alokasi dana dan waktu yg terbatas, untuk memperoleh pencapaian yg optimal (uang dan waktu) para engineer perlu memahami hal tersebut. Terutama dlm memberikan keyakinan pada pemilik modal untuk berinvestasi.

      Hapus
    13. Menambahkan informasi pak Praditya, bahwa proyek memiliki alokasi dana dan waktu yang terbatas sehingga perlu mempertimbangkan nilai investasi pada saat future sesuai dengan perhitungan ditambah dengan insentif atau tidak. Pengaruh prinsip uang terhadap waktu sangat terasa pada saat terjadinya gejolak ekonomi dimana nilai tukar rupiah menjadi rendah, sehingga akan mempengaruhi nilai suku bunga. Dalam hal ini pertimbangan time money relationship diperhitungkan dalam mengukur ketidakpastian, sehingga seorang engineer dapat mereview proyek tersebut dan memberikan rekomendasi keputusan akhir terhadap proyek tersebut dapat dinilai sebagai proyek yang menguntungkan atau tidak dan apakah jika terdapat pembengkakan dapat dikendalikan dengan sistem-sistem yang telah diantisipasi sebelumnya.

      Hapus
    14. Seringkali dalam sebuah project, para engineer hanya merasa perlu untuk menyelesaikan pekerjaannya saja dan jika ada kesalahan hanya berusaha untuk memperbaikinya tanpa memperdulikan apa akibatnya. Kesalahan yang dilakukan tersebut dapat berakibat pada keterlambatan penyelesaian project yang ujung-ujungnya akan berimpact juga pada biaya yang harus dikeluarkan. Dengan memahami prinsip TVM seharusnya engineer bisa mengetahui seberapa besar impact pekerjaannya terhadap project tersebut sehingga bisa membuat perencanaan untuk menghindari keterlambatan delivery proyek dan tidak menimbulkan biaya-biaya tambahan yang diakibatkan oleh keterlambatan pekerjaan itu.

      Hapus
    15. pengertian sederhana yang harus dipahami disini adalah "nilai uang sekarang berbeda dengan nilai uang yang sama dimasa datang" . Kesalahan vital bila engineer yang terlibat dalam process "perencanaan proyek" tidak memahami konsep ini , bisa saja proyek yang di prediksi profit bisa rugi karena nilai uang yang berubah dikarenakan faktor perubahan inflasi, pendapatan perkapita, inflasi, dan indikator lainnya.

      Hapus
    16. Dalam menangani sebuah proyek tentu yang menjadi batasan adalah jadwal (waktu) dan biaya (uang). TVM ini menjadi kendali untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam menjalankan proyek yang mengakibatkan melambungnya biaya. TVM ini menjadi asas untuk perencanaan proyek yang berbasis jadwal dan biaya.

      Hapus
    17. Menurut saya dalam sebuah proyek besar terkait pembangunan secara fisik biasanya memakan waktu yang lumayan lama. Dalam perencanaan proyeknya seorang manajer proyek yang profesional pasti telah mengatur time schedule dengan mempertimbangkan hubungan nilai uang dan waktu. Seorang engineer perlu mengetahui hubungan nilai uang dan waktu agar ia mengetahui salah satu risiko dari proyek tersebut yaitu bisa saja terjadi penurunan nilai mata uang yang akan berdampak pada proses pengerjaan hal-hal teknis. Misalnya jika nilai uang turun dalam satu bulan kedepan maka praktis pembelian material pun dapat terhambat. Ini makanya seorang engineer perlu mengetahui time money relationship agar dalam penyusunan proposal stok material bisa dilakukan analisis terlebih dahulu terkait hubungan nilai uang dan waktu.

      Hapus
    18. Karena seorang engineer harus mampu mempertimbangkan faktor nilai uang pada setiap keputusan/alternatif yang diambil, karena keputusan/alternatif yang diambil saat ini dengan nilai uang x, akan berbeda nilainya saat keputusan/alternatif yang sama diambil namun pada waktu yang berbeda.

      Hapus
  3. 3. Bagaimana Pengaruh prinsip nilai uang terhadap waktu ini (TVM) terhadap pekerjaan seorang engineer ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan memahapi konsep TVM maka para engineer dapat menganalisa seberapa besar nilai uang masa kini, dan mengetahui apakah proyek tersebut dapat memberikan keuntungan atau tidak.

      Hapus
    2. Seperti comment saya sebelumnya, engineer dituntut untuk menyelesaikan pekerjaanny (project) sesuai timeline yang sudah dibuat agar tidak ada cost yang keluar lagi..

      Hapus
    3. Para engineer sebaiknya memahami nilai uang terhadap waktu, hal ini akan menjadikan para engineer bekerja lebih efektif dan efisien. Engineer akan mengetahui berapa biaya yang diperlukan jika berlama-lama dalam menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepada mereka. Jelas ilmu ini akan berpengaruh posisitif terhadap project/aktifitas dimana para engineer akan bekerja sesuai dengan assigment yang diberikan dan tepat waktu.

      Hapus
    4. Para engineer diharapkan dapat membuat detailed worklist dan timeline pengerjaannya secara tepat yang meliputi pengambilan keputusan kapan pekerjaan tersebut layak untuk dieksekusi berdasarkan parameter nilai uang yang berlaku

      Hapus
    5. Agar para engineer dapat memperhitungkan dan menganalisasi ketika projek sedang berjalan hingga berakhir masih dikatakan untung atau tidak

      Hapus
    6. Pengaruh time valule of money terhadap pekerjaan Engineer sangat membantu terhadap pembuatan time plan dikaitkan dengan cost dan possibility profit yang dapat dihasilkan dalam suatu project. Disamping itu untuk mengantisipasi kemungkinan resiko yang dapat terjadi, sehingga dapat mengantisipasi alternatif-laternatif keputusan yang dapat diambil.

      Hapus
    7. Mungkin maksudnya agar kita tidak hanya mempertimbangkan hanya nilai investasi semata tetapi juga menganalisis biaya operasi dan pemeliharaan serta nilai sisa, tingkat suku bunga dan masa studi dalam pemilihan teknologi.

      Jika pemilihan tidak hanya berdasarkan nilai investasi terendah.

      Hapus
    8. Pengetahuan Time-Money Relationship bermanfaat bagi engineer agar pertimbangan engineering dapat diterima secara bisnis, sehingga pendapatnya dapat diterima oleh orang bisnis karena keputusan engineering yang diambil ujungnya adalah untuk support bisnis.

      Hapus
    9. Dengan memahami TVM engineer dapat melakukan estimasi pembiayaan proyek secara optimal. Sehingga biaya – biaya yg dikeluarkan dapat disesuaikan dengan fase dari proyek yg sedang berlangsung supaya keuntungan yg kita peroleh dari proyek tersebut maksimal.

      Hapus
    10. Salah satu point penting dalam proyek adalah cost. Dimana cost tersebut akan berpengaruh terhadap kalitas dan waktu juga. Pemahaman terhadap TMR akan membuat pengerjaan proyek lebih efektif, dimana penggunaan budget pun lebih efisien sesuai target atau schedule yg ada.

      Hapus
    11. TVM ini sangat penting menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan pengambilan suatu keputusan. Dengan mempertimbangkan hal ini, maka kita akan dapat memprediksi proyek jangka panjang yang kita lakukan agar kita tidak mengalami salah hitung. Kerena nilai dollar yang kita dapat hari ini tidak akan sama nilainya dengan nilai dollar yang kita dapat di masa yang akan datang.

      Rezi Muharmen
      MT 2014

      Hapus
    12. engineer melaksanakan suatu project dg mempertimbangkan nilai ekonomi dari suatu uang, dimana nilai mata uang akan berubah dan berbeda dari masa sekarang dengan masa depan. hal tersebut juga untuk memperimbangkan rencana investasi ke suatu prject dengan mempertimbangkan present value dan future value serta beberapa aspek lainnya agar project bisa terlakasa sesuai targeet dan maksimal.

      Hapus
    13. Dengan memahami konsep TVM artinya memperhitungkan nilai present value dan future value dalam suatu perencanaan proyek sehingga perencanaan lebih bisa dikendalikan dan diukur (nimimalisasi resiko dari bidang ekonomi/kurs)

      Hapus
    14. pengaruh TVM terhadap seorang engineer tentu sangat besar. Nilai keekonomisan dan keuntungan dari suatu proyek ditentukan dengan TVM atau hubungan waktu atau uang. semakin tepat waktu proyek itu maka semakin hemat biaya. semaakin tidak tepat waktu maka proyek tersebut akan semakin mahal, karena nilai uang di masa mendatang (tidak sesuai jadwal) bisa jadi lebih rendah dari nilai uang saat ini.

      Hapus
    15. Sejumlah uang atau modal yang akan diinvestasikan dalam suatu bisnis atau projek sangat dipengaruhi oleh TVM dalam memutuskan alternatif yang ada. Dengan prinsip TVM dapat dinilai kelayakan suatu projek atau bisnis yang akan dijalankan. Dalam aplikasinya, memang hanya di managemen level yang memperhitungkan hal tersebut. Engineer cenderung bekerja hanya dari sisi teknis dan bekerja agar cepat selesai saja tanpa menghiraukan kualitas yang diberikan, dengan penerapan prinsip TVM di engineer level akan memberikan pengetahuan tentang pengambilan suatu keputusan agar dapat menilai kelayakan suatu projek dan resiko yang dihadapi dari sisi ekonomi bahkan dapat ikut merencanakan dari sisi teknis untuk menyokong ke-ekonomisan agar kegiatan projek bisa berjalan dengan baik.

      Hapus
    16. TVM secara langsung mempengaruhi pekerjaan suatu engineer, dengan menerapkan prinsip TVM pada suatu proyek akan mempengaruhi cara kerja suatu engineer, dimana prinsip TVM ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal serta menjamin keberlangsungan pengerjaan proyek tersebut. maka pekerjaan suatu engineer akan diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Pekerjaan engineer akan diarahkan untuk lebih tetap waktu, lebih baik dalam pembagian resources dan juga peningkatan kualitas pekerjaan.

      Hapus
    17. Engineer perlu mengetahui nilai uang dari suatu proyek, salah satu kebutuhannya yaitu jika ada perubahan requirement dari user, dimana hal ini tentu saja akan menambah waktu proyek, yang berarti biaya proyek juga bertambah. Jika engineer tidak mengerti konsep TVM, maka mereka hanya akan menyelesaikan aspek teknis sesuai dengan requirement baru tanpa melakukan charging ke user.

      Hapus
  4. 4. Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam hubungan nilai uang terhadap waktu ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam hubungan nilai uang terhadap waktu adalah :

      1. Waktu penerimaan atau pembayaran aliran uang :
      2. Tingkat inflasi
      3. Tingkat suku bunga

      Hapus
    2. Fakto-faktor yang perlu diperhatikan :
      1. Tingkat suku bunga
      2. Jumlah uang yang terlibat
      3. Waktu dilakukannya penerimaan / pengeluaran uang
      4. Bentuk pembayaran bunga atau laba terhadap modal yang ditanamkan dan modal awal yang didapat kembali

      Hapus
    3. beberapa hal yang perlu diperhatikan sbb:
      - presen time
      - future time
      - interest/suku bunga/inflasi
      - jangka waktu
      - periodic time (bulanan, quarter, tahunan, dll)
      - status uangnya itu sendiri (uang sendiri atau uang pinjaman)
      - tabel

      Hapus
    4. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam TVM adalah tingkat suku bunga dan besarnya inflasi pada jangka waktu tertentu. Karena tingkat suku bunga maupun inflasi dapat berubah setelah jangka waktu tertentu, maka besarnya suku bunga dan inflasi harus selalu dimasukkan dalam perhitungan nilai uang.

      Hapus
    5. Menurut saya, besarnya nominal modal yang diberikan menjadi hal yang paling utama untuk diperhatikan.

      Sambil mengutip alinea berikut:

      "..menyadari kembalinya modal mereka sebagai bagian dari insentif (bonus) yang didapatkan dari menghemat dan menunda keperluan.."

      In my humble opinion, tidak semua modal akan secara optimis diberikan / dipinjamkan dengan hanya berasumsi bahwa hal tsb akan menjadi suatu pengembalian aset yang menguntungkan. Terutama jka ternyata kondisi suku bunga di suatu negara kian memburuk.

      Hapus
    6. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam hubungan nilai uang terhadap waktu adalah :
      Present value
      Future value
      Interest
      Period

      Hapus
    7. Bagaimanakah faktor nilai uang terhadap waktu ini mempengaruhi suatu proyek ? Jelaskan ?

      Hapus
  5. Balasan
    1. Po = $100.000 + $30.000(P/F,15%,5) + $ 10.000 (P/A,15%,10)
      =$100.000+$14.916+$50.188
      =$165.104

      Hapus
    2. Jawaban Bapak Mohammad Airul Mutaqin sudah benar.
      Sedikit menambahkan bahwa ada baiknya jika penyelesaian perhitungan sejenis selalu diawali dengan menggambarkan diagram cash flow untuk memudahkan kita dalam melakukan perhitungan. (Sayangnya kita tidak bisa copy/attach gambar disini, -cmiiw-)

      Chairy, ME13

      Hapus
  6. Money – Time Value Relationship merubah cara kita memandang keuntungan. Walau dengan perhitungan biasa suatu kegiatan bisa mendatangkan manfaat (keuntungan) yang nyata dan dapat dirasakan tetapi ternyata belum tentu mendatangkan manfaat keekonomian. Uang dan waktu punya hubungan. Satu dolar hari ini bernilai lebih tinggi dibandingkan satu dolar esok hari. Ini menjelaskan mengapa ada banyak teori yang dapat dipakai untuk menyelesaikan sebuah persoalan engineering.
    Dengan memahami Money – Time Value Relationship kita memiliki peluang besar untuk melakukan rekayasa ulang dan menghitung kembali kelayakan ekonomi suatu solusi engineering yang telah, sedang, dan akan diterapkan dimana saja.
    Faktor-faktor apa saja yang dapat mendasari kita melakukannya? Apa manfaat besar yang akan diperoleh bagi individu, Negara, dan masyarakat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencoba menjawab pertanyaan Muhammad Rumi Ramadhan, salah satu faktornya ialah ketidakpastian, dalam suatu proyek banyak hal-hal yang memicu(waktu, modal, suku bunga dan lain-lain) terjadinya suatu ketidakpastian oleh karena itu melakukan suatu kajian ulang kelayakan ekonomi suatu proyek/solusi engineering dapat dilakukan. Untuk manfaatnya tergantung dengan skala dari solusi engineering atau proyek, bila suatu proyek merupakan suatu proyek negara atau menyangkut kehidupan orang banyak maka manfaatkan tentu lebih baik. Salah satu contohnya ialah penghematan biaya(cost).

      Hapus
    2. Mas Rumi, kalau menurut saya
      Manfaat time value of money adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Time value of money berguna untuk menghitung anggaran dan laporan keuangan tahunan sebuah perusahaan, Sehingga investor dapat menganalisa apakah proyek tersebut dapat memberikan keuntungan atau tidak. Dimana investor lebih menyukai suatu proyek yang memberikan keuntungan setiap tahun dimulai tahun pertama sampai tahun berikutnya.
      Pada perusahaan manfaat value time of money biasanya digunakan untuk menghitung beberapa parameter berikut:
      1. BUNGA TETAP
      2. NILAI MAJEMUK (COMPOUND VALUE)
      3. NILAI SEKARANG (PRESENT VALUE)
      4. NILAI MAJEMUK DARI ANNUITY
      5. NILAI SEKARANG DARI ANNUITY

      Hapus
    3. Saya menciba untuk menjawab pertanyaan dari bapak Rumi.
      Menambahkan jawaban yang telah diutarakan sebelumnya, perubahan kebijakan pemerintahan bisa menjadi salah satu faktor yg mempengaruhi perhitungan anggaran dan uji kelayakan. Karena dengan kebijakan tertentu, suatu proyek bisa jadi terhambat sehingga mengakibatkan pengeluaran membengkak, atau justru sebaliknya.

      Hapus
    4. Faktor yang mempengaruhi time value of money salah satunya adalah suku bunga (interest) yang kemungkinan akan berbeda berdasarkan waktu, dan faktor lainnya adalah nilai uang itu sendiri. Karena seperti telah disebutkan sebelumnya, nilai satu dolar hari ini bernilai lebih tinggi dibandingkan esok hari. Dengan nilai modal dan perkiraan biaya proyek yang dihitung cukup saat ini, belum tentu modal tersebut akan cukup jika periode proyeknya mundur menjadi lebih panjang.
      Untuk manfaatnya sendiri tentu saja sangat banyak, tapi secara umum manfaatnya adalah engineer dapat menghitung dan memperkirakan kelayakan proyek dan TVM bisa menjadi alat bantu untuk mendasari pengambilan keputusan dalam proyek.

      Hapus
    5. Sedikit menambahkan atas pendapat-pendapat yang telah disampaikan sebelumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai uang terhadap waktu, beberapa di antaranya yaitu bunga bank, kurs, kebijakan pemerintah, kondisi politik dan ekonomi dll, yang mana semua itu merupakan suatu ketidakpastian yang harus kita persiapkan dalam menghadapinya.

      Ketidakpastian dapat dikatakan merupakan salah satu resiko yang dapat mengakibatkan kerugian, keterlambatan atau kegagalan dalam mengerjakan suatu proyek. Resiko-resiko tersebut dapat diatasi dengan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, seperti menyediakan dana cadangan apabila terdapat perubahan kurs yang mengakibatkan biaya proyek meningkat atau mempersiapkan alternatif-alternatif lain apabila alternatif awal yang dijalankan mengalami kendala yang mengakibatkan pelaksanaan proyek terganggu. hal tersebut berguna untuk mempertahan suatu proyek agar perhitungan nilai uang dalam proyek tidak terlalu meleset jauh dari hitungan awal selama durasi proyek.

      Hapus
  7. Sering kali kita menderangar pepatah bahwa time is money, dengan mendalami istilah tersebut maka dalam pelaksanaan suatu proyek atau sebuah investasi. Parameter umum yang dipakai dalam mengindikasikan keberhasilan suatu proyek adalah baku, mutu dan waktu, namun demikian tidak semua parameter tersebut dapat dicapai. Umumnya dua parameter yang dapat diraih. Apabila waktu menjadi faktor prioritas maka time value money akan menjadi patokan utama dalam pengambilan kebijakan.

    BalasHapus
  8. KELOMPOK 2 MT-2015

    1. Mengapa Time Value of Money (TVM) dapat disebut sebagai fungsi utama untuk menilai kelayakan investasi? Jelaskan pula hubungan TVM dengan inflasi yang terjadi di suatu negara dengan studi kasus sederhana ya ....

    2. Bagaimana hubungan antara TVM untuk membuat estimasi Cash Flow suatu proyek? Lalu bagaimana pula TVM dapat digunakan untuk mengukur profitablitias perusahaan...

    3. Sebuah investasi dengan nilai $900 pada awal tahun, dan di akhir tahun akan mendapatkan pengembalian sebesar $1.000. Bagaimana seorang PM mempresentasikan proyek tersebut kepada calon investor, apakah investasi tersebut diterima atau ditolak? Jelaskan parameter, tolok ukur, dan asumsi yang digunakan ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjawab pertanyaan no. 2 mengenai hubungan Time Value of Money dengan cashflow suatu projek

      Konsep dasar dari nilai uang adalah nilai sejumlah uang pada masa yang akan datang, bernilai lebih rendah dibandingkan dimasa kini. Ketika dikaitkan dengan komitmen investasi modal suatu perusahaan pada suatu proyek, dalam periode waktu yang cukup lama, maka efek dari waktu terhadap uang ini sangatlah penting diperhitungkan (TVM). Karena nilai profitabilitas dari suatu proyek dimasa yang akan datang harus benar-benar diestimasi, investor harus memperkirakan apakah return of capital sesuai dengan yang diharapkan dalam berinvestasi di suatu proyek.
      Perhitungan interest dan profit dari modal yang diinvestasikan suatu perusahaan pada suatu proyek, tentunya berhubungan erat dengan cashflow perusahaan tersebut. Hubungan estimasi cash flow dengan perhitungan interest dan profit dalam TVM adalah:
      1. Interest dan profit yang digunakan oleh pemilik modal ketika sumber modal adalah equity capital
      2. Interest dan profit digunakan untuk pembayaran resiko bagi pihak lain yang digunakan dananya ketika sumber modal adalah debt capital/pinjaman
      Selain dari itu estimasi ini bermanfaat untuk memperhitungkan profit yang diinginkan oleh investor.

      Farah Daniaji (NPM 1506696571)

      Hapus
    2. Time value of money merupakan suatu konsep dimana nilai mata uang sekarang lebih bernilai/memiliki nilai atau jumlah yang lebih besar dibandingkan di masa yang akan dating. Cash flow sendiri adalah suatu laporan keuangan yang berisi sejumlah arus kas keluar dan yang masuk pada periode tertentu dari kegiatan operasi pada suatu perusahaan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa cash flow ini kerat kaitannya dengan uang. Dan uang memiliki nilai waktunya, sehingga dalam menyusun cash flow manager harus mempertimbangkan atau mengestimasi nilai mata uang di masa depan (future value) maupun sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Time value of money bisa menjadi alat ukur profitabilitas suatu perusahaan, bila perhitungan kita memasukan tingkat inflasi dan suku bunga sehingga kita bisa memprediksi kebutuhan uang dimasa depan dan meminimalkan resiko.
      Oleh : MT 2015 – Hanimaulia - 1506776383

      Hapus
    3. Mencoba menjawab pertanyaan no.1
      Time value of money atau nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. perubahan nilai uang tersebut disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam pajak, dll.
      demikian halnya dengan investasi, dimana dana investasi tersebut akan kembali melalui penerimaan keuntungan dimasa yang akan datang. Dengan demikian kita tidak bisa langsung membandingkan nilai investasi saat ini dengan sejumlah penerimaan yang akan datang. oleh karena itu harus di konversikan menjadi nilai sekarang (present value) agar bisa dikomparasikan dengan nilai investasi yang dikeluarkan saat ini sehingga dapat dilihat apakah investasi tersebut layak atau tidak.
      seperti contoh di Indonesia dengan tingkat inflasi pada tahun 2014 adalah sebesar 8.4% maka dapat dihitung nilai uang pada tahun 2015 dengan menggunakan metode Future Value.
      misal uang sebesar 10000 dengan tingkat inflasi 8.4% per tahun
      FV = 10.000 x (1 + (-0.084)^1
      FV = 9160
      jadi nilai uang 10.000 pada tahun 2014 dengan tingkat inflasi 8.4% akan bernilai sebesar 9.160 pada tahun 2015

      Lolo Ardy B
      MT 2015

      Hapus
    4. Menjawab pertanyaan nomor 2:

      Konsep TVM merupakan konsep yang didasarkan bahwa nilai uang yang dimiliki saat ini adalah lebih berharga daripada nilai uang yang akan diterima di masa depan. Maka dari itu untuk mengetahui nilai uang di masa akan datang, telah bersama kita pelajari adalah penggunaan present value (PV). Secara sederhana dapat dikatakan, PV dapat menangkap suatu nilai yang akan diterima oleh entitas di masa yang akan datang. Korelasinya dengan cash flow adalah dalam penentuan estimated future cash flow. Secara implisit, korelasi keduanya mencerminkan all market prices atau historical cost saat entitas membeli suatu aset. Secara umum, korelasi TVM terhadap cash flow adalah sebatas melakukan estimasi cash flow.

      TVM - profit, menurut saya dalam mengkorelasikan TVM dengan profitabilitas masih terlalu jauh dan tidak dapat dibandingkan (apple to apple), hal ini dikarenakan masih banyak variabel yang perlu diperhatikan dan mengingat juga TVM merupakan sebatas estimasi. Parameter umum yang digunakan dalam mengukur sehat atau tidaknya keuangan suatu perusahaan adalah dengan parameter EBITDA. Jika EBITDA suatu perusahaan pada tahun N > N-1 (meningkat), dan EBITDA selalu naik dan positif, dapat dikatakan perusahaan tersebut sehat secara keuangan dan tumbuh (belum tentu profit)

      Mandala A.F
      MMT 2015
      1506696716

      Hapus
    5. Menjawab pertanyaan nomor 2,,,

      Time Value of Money (TVM) adalah sebuah istilah dimana perubahan waktu akan mempengaruhi besar nya nilai uang sehingga nilai uang di masa lalu akan mengalami penyusutan jika dibandingkan dengan nilai uang di masa yang akan datang. Contoh nya, 10 tahun lalu dengan uang Rp 20.000,00 kita dapat membeli bensin 10 liter, namun sekarang ini dengan uang yang sama kita hanya dapat membeli bensin 3 liter. Konsep ini sangat penting dalam menganalisis keekonomian suatu proyek, karena dapat membantu para engineer dalam mengontrol dan memonitoring biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi cashflow suatu proyek. Dan penerapan analisis yang tepat, berpengaruh juga terhadap profit yang di dapat perusahaan. Yakni semakin tepat analisis yang kita lakukan maka akan semakin besar pula probabilitas profit yang diperoleh.

      Regards,,,
      Insan Laksana - 1506696640
      MTUI 2015

      Hapus
    6. Mencoba menjawab poin 1.

      Time Value of Money (TVM) merupakan sebuah konsep dimana nilai uang sekarang akan memiliki nilai yang berbeda dengan nilai uang di masa yang akan datang atau sebuah konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaan waktu. Sebagai contoh, 10 tahun yang lalu dengan uang Rp 10.000 kita dapat membeli 10 bungkus mi goreng. Tapi, sekarang dengan nilai uang yang sama kita hanya dapat membeli 3 bungkus mi goreng. Uang yang sama namun memiliki nilai yang berbeda di waktu yang berbeda tersebut disebabkan oleh banyak faktor, antara lain inflasi, perubahan suku bunga, politik dan lain - lain. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa TVM merupakan komponen utama untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Lalu, hubungan antara TVM dengan inflasi adalah jika terjadi kenaikan inflasi, maka nilai uang kita sekarang ini akan semakin tergerus atau berkurang. Contoh hitungan – hitungan nya adalah seperti yang dijelaskan sebelumnya.

      Thanks.
      Muhammad Yusuf (1506696792)
      Mantel UI 2015

      Hapus
    7. 1. Investasi adalah komitmen di masa kini terhadap uang atau resources dalam bentuk lain dengan mengharapkan hasilnya di masa depan. Karena investasi berkaitan dengan komponen waktu (saat ini dan masa depan) dan suku bunga, konsep TVM dapat digunakan sebagai tools untuk menguji kelayakan suatu investasi.
      Terkait dengan inflasi, salah satu contoh inflasi yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi di Yugoslavia antara tahun 1993-1995. Pada saat itu harga-harga meningkat sebesar 64,6 persen per hari, yang berarti menjadi dua kali lipat hanya dalam waktu sekitar 34 jam. Dengan mengacu pada konsep TVM, untuk membeli kebutuhan seharga 1 Dinar Yugoslavia pada bulan Januari 1994 di bulan Februari 1994, seseorang akan membutuhkan uang sebesar 313 juta Dinar. Dari contoh kasus di Yugoslavia tersebut dapat terlihat nilai uang 1 Dinar pada bulan Januari 1994 lebih bernilai dibandingkan pada bulan Februari 1994.
      2. Ketika perusahaan memilih untuk berinvestasi dalam suatu proyek baik itu ekspansi, akusisi strategis maupun hanya sekedar membeli sebuah peralatan baru, mungkin akan dibutuhkan bertahun-tahun hingga proyek tersebut dapat menghasilkan cashflow yang positif. Perusahaan perlu mengetahui apakah cashflow di masa depan sebanding dengan investasi yang dilakukan di depan. Oleh karena itulah konsep TVM sangat penting bagi penganggaran modal suatu investasi.
      Terkait dengan profitabilitas suatu perusahaan, salah satu rasio indikator yang dapat digunakan adalah Return On Investment (ROI). ROI mengukur pertumbuhan atau pengurangan yang dihasilkan dari sejumlah uang yang diinvestasikan. Dalam melakukan investasi, faktor terkait dengan TVM yang paling penting untuk diperhatikan adalah inflasi dan tingkat suku bunga pinjaman.
      3. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menilai kelayakan ekonomi suatu investasi, salah satunya adalah Net Present Value (NPV). NPV merupakan hasil penjumlahan PV pengeluaran untuk investasi dan PV penerimaan dari hasil investasi.
      Dengan asumsi discount rate sebesar 8% maka nilai NPV investasi adalah sebesar = (-900) + (1000/(1+0,08))= -900 + 925,93 = 25,93. Dengan nilai NPV tersebut, maka investasi layak diterima oleh investor.

      Hapus
    8. 1.Mengapa Time Value of Money (TVM) dapat disebut sebagai fungsi utama untuk menilai kelayakan investasi? Jelaskan pula hubungan TVM dengan inflasi yang terjadi di suatu negara dengan studi kasus sederhana ya .
      Time Value of Money sangat diperlukan untuk menilai kelayakan investasi, dikarenakan banyak keputusan keuangan melibatkan hal ini sebagai pertimbangannya sehingga pemodal investasi bisa memprediksi berapa nilai uang pada masa mendatang, berapa pertumbuhannya setiap tahunnya. Dengan adanya Time Value of Money dimana memakai beberapa analisis kelayakan finansial yang diperlukan dalam investasi agar dana yang dimiliki terserap dengan sempurna. Secara umum ada 4 analisis berdasarkan konsep time value of money:
      1.Analisis Payback Period
      Payback period digunakan untuk mengukur seberapa cepat investasi yang dikeluarkan pada bisnis dapat kembali. Semakin cepat tingkat pengembalian suatu bisnis, maka kemungkinan besar bisnis tersebut akan dipilih.
      2.Analisis Net Present Value (NPV)
      Net present value (nilai sekarang bersih) merupakan metode yang dipakai untuk menilai usulan proyek investasi yang mempertimbangkan nilai waktu dari uang. Sehingga cash flow yang dipakai adalah cash flow yang telah didiskontokan atas dasar cost of capital perusahaan/ intrest rate/ required rate of return yang diinginkan
      3.Analisis Internal Rate of Return (IRR)
      Internal rate of return adalah tingkat bunga yang dapat menjadikan NPV sama dengan Nol, karena present value dari cash flow pada tingkat bunga tersebut sama dengan internal investasinya
      4.Analisis Protability Index (PI)
      Metode ini merupakan perbandingan antara present value cash flow dengan original investasi
      Contoh Inflasi dengan Time Value of Money
      Tingkat inflasi 10% per tahun. Seseorang dapat membeli 10 pisang goreng hari ini dengan membayar Rp.10.000 Namun bila ia membelinya tahun depan, dengan sejumlah uang yang sama Rp.10.000 ia hanya dapat membeli 9 pisang goreng. Oleh karena itu, terdapat kompensasi hilangnya daya beli uangnya akibat inflasi.

      BR//
      Osphanie Mentari P
      1506696804

      Hapus
    9. Mencoba menjawab pertanyaan 1,
      Time Value of Money (TMV) - Nilai Waktu dari Uang adalah konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu dimana nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang. Inflasi menyebabkan nilai uang pada masa yang akan datang akan berkurang nilainya. Seperti contoh yang telah disebutkan di atas, contoh dari TMV akan berkurangnya nilai uang terhadap inflasi adalah uang sebesar RP X saat ini dapat membeli sebanyak N buah produk, sementara dimasa yang akan datang uang sebesar RP X hanya akan dapat membeli produk sebanyak kurang dari N buah.
      Investasi adalah penanaman uang atau modal untuk tujuan memperoleh keuntungan. Terlepas dari risiko akan adanya kegagalan investasi, investasi yang menghasilkan jumlah uang yang lebih besar dari uang yang diinvestasikan belum tentu disebut menguntungkan jika dilihat dari nilai uangnya (sudut pandang TMV - adanya penyusutan nilai uang), oleh karena itu wajar apabila TMV disebut sebagai fungsi utama dalam menilai kelayakan investasi karena kelayakan investasi dilihat bukan dari hanya besarnya keuntungan melainkan nilai keuntungan.

      Adhitya Widyatama
      Mantel 2015 (1506696325)

      Hapus
    10. Menjawab pertanyaan no.1

      TVM merupakan konsep yang menyatakan bahwa uang mempunyai nilai waktu yang terbatas, sehingga suatu saat nilai dari suatu uang akan mengalami penurunan meskipun nominalnya sama. Kemudian hubungan TVM dengan inflasi sendiri sangat erat, yaitu semakin tinggi inflasi suatu negara maka nilai TVM-nya pun akan semakin cepat turun, misalnya: di negara kita, 10 tahun yang lalu dengan uang 100 rupiah kita masih bisa membeli sebuah permen, namun saat ini untuk membeli sebuah permen kita harus mengeluarkan uang 300 rupiah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai dari uang yg kita miliki mengalami penurunan sekitar 33% sedangkan harga dari permen tsb meningkat 300%.


      Andrianus Radipta
      MT-2015

      Hapus
    11. Mencoba menjawab pertanyaan no.2
      Pada dasarnya TVM merupakan berubahnya “nilai” uang terhadap pergeseran waktu. Contoh sederhananya adalah uang 5000 yang ada saat ini lebih tinggi “nilai”nya dibandingkan 5000 masa yang akan datang. Nominalnya sama yaitu 5000, tapi “nilai”nya yang berbeda. Berubahnya nilai uang ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya perubahan suku bunga, inflasi, kebijakan pemerintah semisal pajak, pengaruh politik, dsb.

      Diagram cash flow merupakan visualisasi dari masalah keuangan, yang menunjukkan arus kas masuk dan keluar, semuanya diplot sepanjang garis horizontal waktu. Jadi dengan diagram cash flow ini kita dapat memvisualisasikan masalah keuangan sekaligus juga untuk menentukan apakah itu dapat diselesaikan dengan menggunakan metode TVM.

      Kalau kita berbicara investasi biasanya terkait masa yang akan datang, namun investasi itu dikatakan menguntungkan atau tidak, perhitungannya dilaksanakan saat sekarang. Karenanya penerimaan bersih dari investasi yang akan diterima nantinya harus dinilai sekarang. Penerimaan di masa datang pada dasarnya adalah net cash flow dari pelaksanaan investasi yang terdiri dari:
      - Biaya proyek/investasi awal (initial outlays). Biaya ini meliputi biaya untuk memperoleh investasi tersebut dan biaya-biaya investasinya serta modal kerja untuk membiayai operasi awal dari proyek investasi yang bersangkutan.
      - Cash flow dan cash outflow selama proyek investasi berjalan.
      - Nilai residu dari proyek investasi yang bersangkutan.
      - Cash inflow dan cash outflow lain-lain di luar proses pelaksanaan proyek investasi tersebut

      Jadi perhitungan profit dari modal yang diinvestasikan berhubungan erat dengan cash flow perusahaan, yang semuanya itu bisa diterapkan dengan metode TVM.

      Terima kasih
      Achmad Rasjidi Imran
      MT 2015

      Hapus
    12. 2. Bagaimana hubungan antara TVM untuk membuat estimasi Cash Flow suatu proyek? Lalu bagaimana pula TVM dapat digunakan untuk mengukur profitablitias perusahaan?

      Time Value of Money atau Nilai Waktu Uang adalah konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaan waktu. Nilai uang 100 rupiah sekitar 30 tahun lalu jelas berbeda dengan saat ini. Nilai uang akan berubah menurut waktu yang disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti adanya perubahan suku bunga, nilai inflasi, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, keadaan politik, dll. Untuk perhitungannya ada perhitungan sendiri dengan parameter-parameter yang sudah ditentukan, agar kita dapat melihat nilai seperti future value dan present value nya.

      Manfaat dari Time Value of Money, berguna juga untuk menghitung anggaran. Kita juga dapat menghitung atau mengetahui apakah investesi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak, tentunya kita lebih memilih investasi ke tempat yang memberikan keuntungan bukan?

      Salam,
      Rizky Damiri Putra (1506776566)
      Manajemen Telekomunikasi 2015

      Hapus
    13. Mencoba untuk menjawab pertanyaan yang diajukan:

      Dengan melakukan perhitungan kelayakan investasi melalui TVM, investor akan memiliki gambaran apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. TVM akan digunakan sebagai estimasi dalam perhitungan cash flow perusahaan sejak awal pelaksanaan proyek hingga akhir pelaksanaan. Hubungan antara TVM dan inflasi cukup erat, hal ini dikarenakan beberapa pandangan ekonomi yang mendasari TVM adalah:
      1. Presence of Inflation
      2. Preference Present Consumption to Future Consumption

      Contoh mendasar adalah tarif angkutan umum (bekasi - jakarta) pada 10 tahun yang lalu sebesar Rp. 2000 dan saat ini menjadi Rp. 8500. Nilai uang yang sama, tetapi dalam jangka waktu 10 tahun tidak lagi bisa digunakan untuk mendapatkan jasa perjalanan pada rute yang sama dan penyedia angkutan umum yang sama. Kenaikan mencapai > 400%. Hal ini menunjukkan nilai uang yang sama pada masa dahulu lebih tingi dengan nilai uang pada saat ini.

      Ketika TVM dikaitkan dengan cash flow sebuah proyek, maka TVM digunakan untuk melakukan estimasi terhadap kemungkinan yang belum terjadi. Dengan adanya perkiraan yang dilakukan, maka perusahaan akan memiliki gambaran apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu dan meminimalkan resiko yang mungkin dihadapi.

      Terhadap contoh investasi yang dilakukan, pada saat melakukan presentasi bukan hanya keuntungan semata yang perlu disampaikan. Beberapa faktor seperti bunga bank, tingkat inflasi, ekspektasi keuntungan yang diharapkan investor perlu diketahui oleh PM. Semakin lengkap data yang dimiliki, akan semakin menunjang perhitungan analisa yang di lakukan. Oleh karenanya dalam investasi tidak dapat menghitung secara langsung nilai pengembalian-nilai investasi nya.

      Regards
      Jaka S Permana - 1506776414
      Mantel 2015

      Hapus
    14. 2.Bagaimana hubungan antara TVM untuk membuat estimasi Cash Flow suatu proyek? Lalu bagaimana pula TVM dapat digunakan untuk mengukur profitablitias perusahaan..

      Time Value of Money :
      The change in the amount of money over a given time Period. Nilai uang berubah menurut waktu yang disebabkan oleh banyak factor antara lain inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pajak, suasana politik dan lain-lain.

      Cash Flow :
      The estimated inflows (revenues) and outflows (costs) of money. Aliran masuk dan keluarnya uang pada suatu organisasi pada priode tertentu. Fungsi dari cash flow adalah melihat nilai likuiditas, anti inflasi dan capital growth.

      Hubungan time value of money dan cash flow :
      Cash flow adalah aliran masuk dan keluarnya uang, sedangkan uang memiliki nilai waktu (time value). Time value of money memiliki dua unsur yaitu opportunity (profit) dan risk, karena inti dari berinvestasi adalah meningkatkan nilai uang, sehingga time value of money dijadikan komponen dasar dalam pembuatan cash flow untuk menghindari/mengurangi tingkat terjadinya risiko, perubahan nilai uang yang terjadi akan sangat mempengaruhi cash flow.

      Manfaat Time Value of Money adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Dua metode yang digunakan untuk menentukan hal tersebut adalah antara lain :
      1.Future Value
      Nilai di masa mendatang dari uang yang ada sekarang.

      Rumus Menghitung Future Value :
      FVn = Po (1+r)n
      Dimana :
      FV = Nilai pada masa yang akan datang
      Po = Nilai uang pada saat ini
      r = bunga
      n = jangka waktu

      2.Present Value
      Nilai sekarang dari suatu nilai yg akan diterima atau dibayar di masa mendatang.

      Rumus Menghitung Present Value :
      PV = FV / (1 + i)^n
      Dimana:
      PV = Nilai uang pada saat ini
      FV = Nilai pada masa yang akan datang
      i = bunga
      n = jangka waktu


      Referensi :
      Sullivan, William G., Elin M. Wicks & James T. Luxhoj. 2006. Engineering Economy, Thirteenth Edition. Upper Saddle River, New Jersey : Pearson Prentice Hall.

      Bagus Riyowiyoso – 1506696432 – MT 2015

      Hapus
    15. Mencoba menjawab point no.2
      Dalam konsep TVM, telah dijelaskan bahwa nilai uang pada masa sekarang memiliki nilai yang berbeda jika dibandingkan
      dengan masa-masa sebelumnya, sehingga uang tersebut dapat menghasilkan keuntungan di masa mendatang (akibat suku bunga).
      Jika uang tersebut hanya didiamkan tanpa diinvestasikan, maka nilai uang tersebut akan hilang, oleh karena itu uang yang bernilai adalah uang yang diinvestasikan sebagai modal yang produktif untuk jangka waktu tertentu.
      Pengambilan keputusan/alternatif terhadap analisis ekonomi teknik banyak melibatkan dan menentukan apa yang ekonomis dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam perhitungan cash flow, konsep TVM sangat berperan untuk analisis ekonomi jangka pendek/panjang, sehingga sangat membantu pemilihan alternatif atau mengevaluasi suatu proyek.

      Melalui konsep TVM, Profitabilitas perusahaan dapat diukur salah satunya melalui parameter Return of Equity (ROE) yang menunjukan kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba selama periode waktu tertentu pada suatu tingkat penjualan, asset dan modal saham tertentu dengan rumus ROE = Net Income/Shareholder Equity, dimana besarnya Net Income dihitung berdasarkan jangka waktu tertentu yang melibatkan konsep TVM.

      Regards,
      Kharisma Muhammad
      MT-1506696685

      Hapus
  9. Menjawab pertanyaan nomor 1.

    Konsep Time Value of Money dapat dimengerti bahwa uang memiliki nilai terhadap waktu, dan besarnya nilai itu akan tergantung saat kapan uang itu diterima/dikeluarkan. Hal ini terkait dengan opportunity/cost yang terkandung dalam sejumlah uang tersebut yang digunakan sebagai sebuah modal.

    Misalnya saja, dengan memiliki uang saat ini Rp. 1 juta, apakah akan kita gunakan untuk investasi atau dihabiskan saja? Apabila dengan melakukan investasi kita mendapatkan bunga/keuntungan yang lebih besar, maka lebih baik kita gunakan uang itu untuk investasi. Tapi bila tidak, kemungkinannya ya dihabiskan saja. Selain bunga bisa dilihat pula inflasi. Dengan kenaikan inflasi di waktu yang akan datang, maka uang kita makin tergerus nilainya.

    Contoh sederhana mengenai hubungan TVM dengan inflasi yang terjadi pada suatu negara:
    Pada tahun lalu, saya masih dapat membeli 15 potong pisang goreng dengan membayar sejumlah Rp 10.000,-. Namun sepanjang tahun ini inflasi terjadi sebesar 10% di Indonesia. Maka pada kenyataannya, pada hari ini saya hanya bisa mendapatkan sepuluh potong pisang goreng dengan jumlah uang yang sama, yaitu Rp 10.000,-.



    Terima Kasih.
    Ria Soraya
    Mantel 2015 (1506776540)

    BalasHapus
  10. Mencoba menjawab pertanyaan dari kelompok 2 MT-2015 point pertama

    Kelayakan atau kebijaksanaan dalam berinvestasi akan selalu terkait dengan masa yang akan datang, tetapi dalam penilaian menguntungkan atau tidaknya investasi tersebut akan dilaksanakan pada saat sekarang misalnya penerimaan bersih dari pelaksanaan investasi yang akan diterima pada waktu yang akan datang harus dinilai sekarang, apakah penerimaan sekali atau berangsur-angsur/annual. Dengan demikian, kita tidak bisa langsung membandingkan nilai investasi saat ini dengan sejumlah penerimaan yang akan datang. oleh karena itu, penerimaan-penerimaan yang akan datang tersebut harus diperhitungkan menjadi nilai sekarang, agar bisa dikomparasikan dengan nilai investasi yang dikeluarkan saat ini. Hal ini berarti juga menggunakan konsep time value of money (Sutrisno, 2000). Konsep time value of money ini sebenarnya memberikan kita konsep pembelajaran bahwa jika kita mempunyai uang sebaiknya atau bahkan seharusnya diinvestasikan, sehingga nilai uang itu tidak menyusut dimakan waktu. Sebab, jika uang itu didiamkan, ditaruh di bawah bantal, brankas, atau lemari besi maka uang itu tidak bekerja dan karenanya nilainya semakin lama semakin turun.

    Dalam memperhitungkan nilai uang dimasa sekarang berarti kita sedang memproyeksikan uang kas masuk bersih dimasa mendatang. Makin tinggi tingkat suku bunga, makin kecil nilai uang sekarang pada rencana penerimaan uang di masa depan. Sedangkan nilai uang dimasa depan merupakan nilai pada suatu waktu di masa datang dari sejumlah uang di masa sekarang atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi dengan menggunakan tingkat bunga tertentu. Makin tinggi tingkat bunga, makin tinggi nilai uang dimasa mendatang. Lalu pada kondisi manakah nilai uang akan selalu sama? nilai uang akan selalu sama pada kondisi suku bunga = 0. Dengan demikian dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money saling berkaitan dengan tingkat suku bunga.

    Jika suku bunga tinggi, orang akan lebih suka menyimpan dananya di bank karena ia dapat mengharapkan pengembalian yang menguntungkan di masa depan. Dan pada posisi ini, permintaan masyarakat untuk memegang uang tunai menjadi lebih rendah karena mereka akan mengalokasikannya ke dalam bentuk deposito dan tabungan. Seiring dengan berkurangnya jumlah uang beredar, gairah belanja pun menurun. Selanjutnya harga barang dan jasa umum akan cenderung stagnan, atau tidak terjadi dorongan inflasi. Sebaliknya jika suku bunga rendah, masyarakat cenderung tidak tertarik lagi untuk menyimpan uangnya di bank. Akibatnya jumlah uang yang beredar di masayarakat banyak dal hal tersebut akan memicu tingkat inflasi

    Dari uraian diatas, dapat terlihat bahwa tingkat suku bunga menentukan inflasi dan suku bunga menentukan perubahan nilai uang

    Terimakasih
    Dewi Yanti
    MT 2015

    BalasHapus
  11. 2. Konsep TVM ini menilai bahwa nilai uang saat ini berbeda dengan nilai uang di masa yang akan datang yang disebabkan oleh berbagai hal, contohnya inflasi. Dalam membuat estimasi cash flow, pertimbangan TVM ini sangatlah penting mengingat nilai uang yang berubah tersebut akan mengakibatkan untung/ruginya suatu investasi perusahaan. Perusahaan mendapatkan profit/keuntungan jika income lebih dari modal. Karena nilai uang berubah, maka seberapa besar perubahan nilai itu dibandingkan dengan seberapa besar profit yang didapat.

    Dina Estining Tyas L - 1506696533 - Mantel 2015

    BalasHapus
  12. Mencoba menjawab pertanyaan no. 3, untuk mempresentasikan kepada investor untuk menerima atau tidak proyek tsb yaitu dengan meyakinkan investor bahwa dia akan mendapatkan nilai keuntungan yang layak dari investasi dengan mempertimbangkan Time Value of Money (TVM) dari proyek tersebut yang terkait dengan tingkat suku bunga, inflasi dan resiko.
    Parameter yang dapat digunakan untuk mengukur kalayakan investasi dapat diterima yaitu jika

    - PW, FW, AW bernilai positif
    - IRR atau ERR >MARR
    - NPV>0
    - PI>=0

    BalasHapus
  13. Menjawab pertanyaan nomor 2:

    Time Value of Money (TVM) adalah nilai waktu dari uang di dalam pengambilan keputusan jangka panjang yang melibatkan estimasi cash flow suatu proyek.

    Suatu jumlah uang tertentu yang diterima pada waktu yang akan datang jika dinilai sekarang maka jumlah uang tersebut harus didiskon dengan tingkat bunga tertentu (discount factor). Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu (compound factor). Untuk melihat profitabilitas perusahaan dapat dilakukan dengan pendekatan future value (FVn = Po(1+r/m)^m.n) dan present value (PVn atau Po=FVn/(1+r)^n). Dimana FV adalah nilai uang pada masa datang, Po adalah nilai uang pada saat ini, r adalah bunga, m adalah apabila bunga setahu dibayarkan sebanyak “m” kali,

    Keterbatasannya yaitu akan mengakibatkan masyarakat hanya menyimpan uangnya apabila tingkat bunga bank tinggi, karena mereka menganggap jika bunga bank tinggi maka uang yang akan mereka terima dimasa yang akan datang juga tinggi. Padahal seperti dijelaskan oleh mas Andrianus Pradipta bahwa “....hubungan TVM dengan inflasi sendiri sangat erat, yaitu semakin tinggi inflasi suatu negara maka nilai TVM-nya pun akan semakin cepat turun, misalnya: di negara kita, 10 tahun yang lalu dengan uang 100 rupiah kita masih bisa membeli sebuah permen, namun saat ini untuk membeli sebuah permen kita harus mengeluarkan uang 300 rupiah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai dari uang yg kita miliki mengalami penurunan sekitar 33% sedangkan harga dari permen tsb meningkat 300%.”

    Salam,
    Anna Christina Situmorang
    Mantel 2015

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Menjawab Pertanyaan Nomor 1

    Time Value of Money (TVM) / Nilai waktu dari uang merupakan konsep yang menyatakan nilai uang sekarang nilainya lebih berharga atau lebih besar daripada nilai uang di masa yang akan datang atau perbedaan nilai uang yang disebabkan perbedaan waktu.

    Konsep time value of money sangat penting dalam masalah manajemen keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu.

    Dalam hubungan TVM dengan inflasi, Dulu nilai uang Rp. 10.000 bisa buat bayar ongkos bajaj dari UI Salemba ke stasiun Cikini tapi kini kita harus bayar Rp. 15.000.

    Misal Perhitungan TVM dengan Metode Future Value (FV) :
    Rp. 15.000 pada tahun 2015 dengan suku bunga 9% per tahun maka nilai uang tersebut pada tahun 2016 adalah sbb :
    2015 2016
    Po ————————————> FV
    Rp 15.000.000 ?

    RUMUS
    FV = Po (1+i)n
    Keterangan :
    FV : Nilai yang akan datang
    Po : Nilai saat ini
    i : Tingkat suku bunga
    n : Jangka waktu
    FV = 15.000 x (1+(-0.09)) 1
    FV = 13650
    Maka pada tahun 2016 nilai Rp. 15.000 akan menjadi Rp. 13.650

    Nilai uang akan berubah menurut waktu disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, suasana politik, dll.

    Dengan mengetahui TVM kita dapat menghitung anggaran apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak inilah mengapa TVM disebut sebagai fungsi utama untuk menilai kelayakan investasi.


    BalasHapus

Membuat Link Pada Komentar Anda
Agar pembaca bisa langsung klik link address, ketik:
<a href="link address">keyword </a>
Contoh:
Info terkini klik <a href="www.manajementelekomunikasi.org"> disini. </a>
Hasilnya:
Info terkini klik disini.

Menambahkan Gambar Pada Komentar
Anda bisa menambahkan gambar pada komentar, dengan menggunakan NCode berikut:

[ i m ] URL gambar [ / i m ]

Gambar disarankan memiliki lebar tidak lebih dari 500 pixels, agar tidak melebihi kolom komentar.

---

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger