Jumat, 25 Januari 2013

Eksekusi QoS Di SINGAPURA


oleh: Erfin Budi Sulistyanto (Mantel 2011)

Infocomm Development Authority of Singapore (IDA) adalah badan regulator Singapura yang menentukan persyaratan teknis minimum (standar) peralatan telekomunikasi di Singapura dan mengatur dan memantau Quality of Service (QoS) kinerja layanan telekomunikasi dasar dan layanan akses internet yang ditawarkan oleh operator.
Dalam website resmi IDA disebutkan “IDA aims to grow Singapore into a dynamic global infocomm hub and to leverage infocomm for Singapore’s economic and social development”.
Outdoor Service Coverage @September 2012
IDA secara independen melakukan Drive Test untuk mengukur dan melakukan evaluasi performansi masing masing operator dan hasilnya dipublikasikan secara terbuka dan online setiap quarter. Drive test dilakukan di secara nasional di semua area termasuk perumahan, gedung, outdoor, dan jaringan MRT bawah tanah.
Berikut ini publiksi IDA tentang QoS Singapura pada September 2012.
Data tersebut menunjukkan ketiga operator seluler pada  Q3 2012 ini tidak bisa memenuhi coverage outdoor sebesar > 99% sehingga didenda sebesar $10.000 seperti dikutip dari artikel ini.
Publikasi secara online seperti yang dilakukan oleh IDA ini diyakini memberikan dampak positif. Calon pengguna (user) dapat memilih operator dengan jelas dan sebagai sarana beauty contest para operator yang mendorong persaingan positif untuk meningkatkan kualitas layanan.
Monitoring QoS yang dilakukan IDA antara lain meliputi 3G services, 2G services, broadband access services, dan basic telelecommunication services. Untuk hasil monitoring selengkapnya dapat dilihat pada link ini.
Mengingat manfaatnya yang besar, secara teknis mungkinkah citizen melakukan pengukuran?

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Pengamatan yang menarik pak Erfin,

    Sebenarnya untuk masing-masing operator (seluler) sudah melaporkan QoS layanan telekomunikasi yang dapat diakses secara umum, dari penelusuran saya data ini dapat diakses masyarakat melalui link berikut (3 operator besar seluler):

    1. Telkomsel:
    http://www.telkomsel.com/about/investor-relations/9272-Laporan-Quality-Of-Service-----QoS-Q3-2012.html
    2. Indosat:
    http://www.indosat.com/Public_Relations/Press_Release_Photo_Gallery/Laporan_QoS_Indosat_2012
    3. XL:
    http://www.xl.co.id/about-us/QualityofService

    Kemudian yang menjadi masalah disini adalah lembaga independen yang melakukan pembanding dan menjadi acuan penilaian pemerintah dalam menetapkan sangsi yang mungkin diperlukan untuk mengecek kebenaran dari hasil test tersebut yang dikeluarkan oleh masing-masing operator.

    Sama-sama kita tau daerah Singapura jika kita bandingkan dengan Indonesia tidaklah dapat dibandingkan secara langsung karena perbedaan luas wilayah yang cukup besar dan kondisi geografis yang kompleks. Sehingga perlu effort yang lebih dari regulator Indonesia untuk dapat melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan oleh regulator di Singapura

    Dan jikapun itu dapat diwujudkan (memberikan data pembanding), maka perlu disepakati rute Drive Test yang sama dan waktu pengujian yang sama.

    Sebagai contoh pengujian jaringan 3G di siang hari dan malam hari akan berbeda hasilnya akibat efek network breathing, akan menjadi kendala jika regulator melakukan pengetesan disiang hari (coverage menyusut akibat traffik yang tinggi) dan operator melakukan uji di malam hari (coverage mengembang karena load rendah).

    Kemudian juga komitmen operator yang berbeda-beda (Operator incumben harus membangun jaringan di daerah terpencil, sedang Operator swasta bebas membangun di daerah yang potensial), sehingga penetapan standar pengujian ini dirasakan perlu untuk keadilan.

    Namun demikian ide ini sangat menarik, saya mengharapkan pak Erfin bisa memaparkannya lebih jelas lagi, saya rasa masyarakat Indonesia tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut.

    BalasHapus
  2. @pak Efrin,
    Artikel yang menarik. Disini kita dapat merasakan bagaimana keterbukaan informasi bekerja. Makasih untuk artikel yang menarik ini. Saya menambahkan info QoS untuk broadband access service Singapura

    BalasHapus

Membuat Link Pada Komentar Anda
Agar pembaca bisa langsung klik link address, ketik:
<a href="link address">keyword </a>
Contoh:
Info terkini klik <a href="www.manajementelekomunikasi.org"> disini. </a>
Hasilnya:
Info terkini klik disini.

Menambahkan Gambar Pada Komentar
Anda bisa menambahkan gambar pada komentar, dengan menggunakan NCode berikut:

[ i m ] URL gambar [ / i m ]

Gambar disarankan memiliki lebar tidak lebih dari 500 pixels, agar tidak melebihi kolom komentar.

---

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger